fbpx
KONGRES-HMI.jpg

Badko HMI Sumbangsel Menarik Diri, Kongres HMI Bakal Digelar di Jakarta?

-

LAPMI Bone — Sayembara desain loga Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (Kongres HMI) tengah diperlombakan, apakah hal ini pertanda kongres sebentar lagi akan berlangsung? Kongres rencananya akan dilangsungkan di Jakarta pada bulan Maret 2020 mendatang.

Kriteria loga yang akan dipilih di antaranya, artistik, eye catching dan orginal serta penggabungan logo HMI dan karakteristik sosial budaya Jakarta.

Penetapan Jakarta sebagai tuan rumah kongres berdasarkan hasil rapat harian yang digelar di Sekretariat PB HMI, Jalan Sultan Agung No 25 Jakarta pada Jumat 29 November tahun lalu.

Hasil keputusan rapat harian tersebut menunjuk Ali Zakiyuddin sebagai Ketua Panitia Nasional Kongres (Panasko) nantinya.

“Tentu ini menjadi tanggung jawab yang besar kami emban dalam rangka menyukseskan kongres ke-31 ini,” kata Ali Zakiyuddin pada laporan yang diterima.

Menurutnya, hal yang perlu diperhatikan dalam kongres mendatang adalah mewujudkan kondusivitas regenerasi dan jalannya organisasi juga semua agenda kongres sebagaimana yang tercantum dalam konstitusi HMI sendiri.

“Kongres ini menjadi hajat kita bersama. Saya tidak bisa jalan sendiri. Kita bisa saling bekerjasama untuk bagaimana menyukseskan kongres ke-31,” ujar kader yang sering di sapa Ali ini.

Selain menetapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), Garis-garis Pokok Perjuangangan Organisasi (GGPO), serta Program Kerja Nasional (PKN) juga yang paling utama dalam kongres ini adalah pemilihan Formatur dan Mide Formatur PB HMI Periode 2020-2022.

Meski demikian penetapan Jakarta sebagai tuan rumah masih menuai tanda tanya pasalnya dualiasme kepengurusan PB HMI hingga hari ini masih belum menemui titik temu.

Badko HMI Sumbagsel Menarik Diri

Sebelumnya kota Palembang digadang-gadang akan menjadi tuan rumah Kongres HMI, namun hal ini ditampik oleh Ketua Umum Badan Koordinasi HMI Sumatera Bagian Selatan (Badko Sumbagsel) Bambang Irawan yang mengeluarkan surat pemberitahun tentang mundurnya mereka sebagai tuan rumah.

“Keputusan yang kita buat sudah bulat dan sebelum itu banyak hal yang kita pertimbangkan salah satunya mayoritas masukan dan saran dari teman-teman Badko HMI Se-Indonesia yang turut prihatin meditation internal PB HMI hari ini yang tidak ada perkembangan ke arah yang lebih baik atau untuk berekonsiliasi,” katanya, dikutip dari Kabar Sriwijaya, Rabu (15/1/2020).

“Kita, ketum-ketum Badko sepakat Kongres HMI kedepan hanya satu dan bersama, apakah nantinya Palembang tetap di tunjuk sebagai tuan rumah Kongres HMI. Intinya kami Ketum-ketum Badko HMI Se-Indonesia sepakat satu forum kongres,” ungkapnya. (red)

Organisasi